Alasan Transportasi di Jepang Nyaman

Kehidupan di Jepang > 24 December, 2019

Beberapa orang mungkin bermimpi untuk tinggal di negara maju seperti Jepang. Bukan hanya karena tingkat kemakmurannya saja yang lebih tinggi, tetapi juga karena infrastruktur yang menunjang kehidupan sehari-hari jauh lebih tertata, salah satunya adalah fasilitas transportasi umum.

Di Jepang fasilitas transportasi umum yang paling lumrah ditemukan adalah kereta dan bus. Di kota-kota besar alat transportasi inilah yang paling sering digunakan. Berikut beberapa kelebihan transportasi umum di Jepang.

1. Jalur transportasi yang telah merata

Jalur transportasi di Jepang telah dibangun secara merata ke seluruh pelosok negeri, terutama jalur kereta api.
Berdasarkan data dari Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Jepang yang di ambil pada April 2019, terdapat 208 perusahaan perkeretaapian di Jepang dengan jumlah total jalur 216 yang memanjang dari Hokkaido hingga Kyushu. Dengan kata lain, kita bisa berjalan ke pelosok negeri Jepang hanya dengan menggunakan kereta. Selain kereta, jalur bus di Jepang juga sangat banyak. Transportasi bus ini kebanyakan digunakan di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh kereta. Pada beberapa keadaan, berpergian menggunakan bus lebih praktis dibandingkan kereta. Di Jepang sendiri ada berbagai jenis bus, seperti bus kota, bus cepat dan bus jarak jauh. Kamu bisa memilih bus yang digunakan sesuai dengan keperluan.

2. Jadwal yang tepat waktu

Semua jenis transportasi umum di Jepang datang sesuai dengan jam yang telah dijadwalkan. Bus dan kereta akan datang dan berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan selama tidak ada gangguan yang disebabkan oleh cuaca ataupun kecelakaan. Kamu pun bisa mengakses jadwal-jadwal ini dengan mudah melalui berbagai aplikasi transportasi yang tersedia di Jepang.  Sebagai informasi tambahan, kecepatan jam kedatangan kereta atau bus disesuaikan dengan banyaknya jumlah pengguna jalur. Di jalur kereta sibuk yang ada di kota besar biasanya kereta akan datang dengan jadwal per tiga atau lima menit. Sebaliknya, di jalur yang penggunanya sedikit, seperti jalur kereta daerah kereta akan datang per 30 menit atau bahkan sampai per satu jam. Jadwal kereta yang lama ini juga berlaku di kota besar pada pagi buta ataupun larut malam saat pengguna kereta sedikit.

3. Keamanan yang terjaga

Transportasi umum Jepang terbilang aman, karena bila kamu meninggalkan barang di dalam transportasi umum, dan menghubungi

Source: https://ohayojepang.kompas.com

Post Comment

NEWSLETTER

Mari berlangganan dengan newsletter dari kami untuk mengetahui promo-promo terbaru dan lowongan pekerjaan. Terima kasih.

 


CONTACT

Interested in studying about Japan culture and language? Contact us and tell us about it!

Map