Alur Penyewaan Apartemen di Jepang

Kehidupan di Jepang > 25 June, 2020

Salah satu tantangan terbesar orang asing yang tinggal di Jepang adalah menyewa rumah. Meskipun kamu telah menentukan daerah yang ingin ditinggali terlebih dahulu belum tentu kamu bisa langsung menyewa rumah di situ. 

Hal ini karena ada begitu banyak cara mencari dan hal-hal yang perlu kamu siapkan sebelum menyewa rumah sesuai dengan peraturan Jepang yang agak unik.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai langkah lengkap penyewaan rumah di Jepang. 

Tentukan kebutuhanmu

Sebelum kamu pergi ke kantor agen real estate sebaiknya kamu tentukan area yang ingin kamu tinggali, ukuran rumah dan budget harga sewa yang kamu harapkan.

Kumpulkan informasi 

Setelah kamu menentukan kebutuhan rumah yang diinginkan, saatnya kamu mengecek ke agen real estate yang nantinya akan memberikan kamu beberapa pilihan tempat sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa mengecek ini langsung ke kantor agen real estate atau melihatnya melalui website.

Kunjungi kantor agen real estate

Setelah kamu menemukan bangunan yang sesuai dan menarik minat kamu, kamu bisa mulai berbicara dengan agen real estate. Agen akan membantu kamu mencarikan ruangan yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Kunjungan ke apartemen

Setelah kamu memilih apartemen, agen real estate akan mengubungi pemilik bangunan untuk mengecek apakah ada bangunan yang tersedia kamar kosong dan apakah mereka menerima penghuni orang asing. 

Jika masih tersedia, pegawai real estate akan membawa kamu ke bangunan yang sebenarnya untuk mengecek keadaan ruangan itu sendiri.

Tentukan pilihan

Biasanya agen real estate akan meminta kamu untuk memutuskan akan menyewa atau tidak secepatnya karena bangunan itu juga dijual oleh agen real estate lainnya. 

Setelah kamu memutuskan akan tinggal, biasanya agen real estate akan menyediakan lembar aplikasi untuk dikirimkan ke pemilik gedung untuk mendapatkan persetujuan kamu boleh menyewa tempatnya. 

Biasanya pemilik akan melakukan investigasi mengenai pendapatan dan status pekerjaan kamu, juga penjamin kamu bila individual. Ada kalanya akan lebih mudah menyewa aparetemen bila penjamin adalah perusahaan kamu tempat bekerja.

Persiapan pembuatan kontrak

Ketika kamu mendapatkan persetujuan pemilik gedung untuk menyewa, maka akan ada negosiasi pembuatan kontrak antara agen real estate dan pemilik gedung. 

Pada pembuatan kontrak ini kamu sebaiknya memberikan tanggal perkiraan kapan akan pindah ke gedung tersebut sehingga mereka bisa memberikan estimasi harga yang harus kamu bayar. 

Berdasarkan negosiasi itu, kamu mungkin harus membayar uang kunci, deposit, uang agen, asuransi atau uang ganti kunci.

Setelah kamu memilih apartemen, agen real estate akan mengubungi pemilik bangunan untuk mengecek apakah ada bangunan yang tersedia kamar kosong dan apakah mereka menerima penghuni orang asing. 

Jika masih tersedia, pegawai real estate akan membawa kamu ke bangunan yang sebenarnya untuk mengecek keadaan ruangan itu sendiri.

Penandatanganan kontrak

Ketika semua ketentuan telah disepakati maka kamu akan menandatangani kontrak, menentukan tanggal pindah yang pasti dan tanggal penerimaan kunci dari agen.

Pendaftaran Utilitas (Air, Gas, Listrik)

Biasanya yang termasuk utilitas di sini adalah air, gas dan listrik. Kamu harus menghubungi masing-masing perusahaan atau membuat akun online. 

Sebaiknya lakukan pendaftaran utilitas ini secepatnya setelah tanggal kepindahan kamu ditetapkan untuk memastikan semua utilitas itu bisa digunakan begitu kamu pindah.

Laporkan diri ke kantor pemerintah distrik setempat

Bila kamu pindah ke distrik yang berbeda, kamu harus mengirimkan “tenshutsu todoke” atau surat pemberitahuan pindah ke pemerintah distrik sebelumnya. 

Setelah kamu memiliki kopian surat tersebut, kamu harus melaporkan diri juga ke pemerintah distrik baru yang akan kamu tinggali dengan mengisi “tenyu todoke” atau surat pemberitahuan pindah ke daerah tersebut. Hal ini wajib dilakukan agar pemerintah Jepang memiliki data terbaru kamu.

Pindahan

Biasanya agen real estate akan menemui kamu di apartemen yang akan kamu tinggali untuk menyerahkan kunci. Lalu, kunci ini biasanya diserahkan bersamaan dengan folder yang berisi semua informasi dan panduan yang kamu butuhkan untuk mengisi rumah baru. 

Informasi seperti jadwal pembuangan sampah, kode pembukaan loker surat, dan kontak saat terjadi keadaan darurat serta berbagai informasi lainnya akan dimasukkan ke situ.


Source: https://ohayojepang.kompas.com

Post Comment

NEWSLETTER

Mari berlangganan dengan newsletter dari kami untuk mengetahui promo-promo terbaru dan lowongan pekerjaan. Terima kasih.

 


CONTACT

Interested in studying about Japan culture and language? Contact us and tell us about it!

Map