Jangan Berisik dan 5 Tips Wajib Kamu Tahu Saat Tinggal di Jepang

Kehidupan di Jepang > 01 July, 2020

Bila kamu tinggal dan menyewa tempat tinggal di Jepang, terdapat beberapa peraturan tidak tertulis yang harus kamu lakukan untuk menjaga agar ketenangan dan keharmonisan antara sesama penghuni apartemen. 

Berikut beberapa tips dari kami agar kamu tidak terkena atau menimbulkan masalah di tempat yang kamu tinggali.

Sampah

Jepang memiliki aturan pembuangan sampah yang keras dan terperinci. Setiap sampah harus dipisahkan berdasarkan tipenya masing-masing, seperti sampah daur ulang (botol kaca, kaleng, botol plastik, koran, dsb.), sampah yang bisa dibakar termasuk sisa makanan, sampah yang tidak bisa dibakar, dan sampah berukuran besar. 

Semua sampah ini memiliki jadwal dan tempat pembuangannya masing-masing. Bila kamu salah membuang sampah tersebut, kamu akan mendapatkan peringatan. 

Peraturan pembuangan akan berbeda sesuai dengan tempat kamu tinggal. Jadi, pastikan informasi lebih jelasnya di poster jadwal sampah yang ada di majalah dinding apartemen kamu atau cek di situs resmi pemerintahan distrik yang kamu tinggali.

Dapur

Jangan membuang minyak goreng bekas pakai ataupun sampah makanan ke dalam saluran pencuci piring, karena sampah tersebut akan mengeras dan dapat menimbulkan penyumbatan pipa dan juga bau yang tak sedap terutama di musim panas. 

Jadi, untuk membuang minyak bekas goreng kamu harus mengeraskan minyak dengan bahan pengeras kimia yang dijual di supermarket atau membuat minyak terserap ke koran dan membuangnya bersamaan dengan sampah yang bisa dibakar. 

Begitu juga dengan sisa makanan, sampah ini juga harus dimasukkan ke dalam sampah yang bisa dibakar.

Balkom

Biasanya balkon digunakan sebagai tempat untuk mengeringkan pakaian atau menyimpan barang.

Hal yang perlu kamu ingat saat menjemur adalah pastikan pakaian terpasang dengan rekat dan tidak akan terjatuh karena mungkin bisa menyakiti orang yang lewat di bawah apartemen. 

Ada juga apartemen yang tidak memperbolehkan kamu merokok atau membakar sesuatu di balkon untuk alasan keamanan.

Jika balkon kamu menjadi rute saat keadaan darurat, pastikan untuk tidak menaruh barang di depan pembatas balkon agar saat keadaan darurat tetap bisa digunakan untuk kabur.

Kebisingan dan Bau

Kebisingan merupakan salah satu masalah yang biasanya ditemukan dari orang asing yang tinggal di Jepang.

Kebisingan ini bisa berupa suara mengobrol dan tertawa baik bersama keluarga atau teman yang memang bukan masalah di negara kita. 

Terutama bila membuat kebisingan di pagi buta ataupun tengah malam. Hal ini harus lebih diperhatikan bila tembok rumah kamu tipis, suara televisi saja kadang terdengar ke sebelah. 

Selain itu, bau makanan yang kuat pun bisa menjadi penyebab masalah dengan tetangga sebelahmu. 

Bila kamu mau memasak menggunakan terasi atau ikan asin, sebaiknya cek apakah orang di sebelah sedang di tempat atau tidak, lakukan juga pencegahan bau dengan membuka ventilasi udara ataupun penghilang bau ruangan.

Kamar mandi dan toilet

Banjir di kamar mandi atau toilet apalagi yang menyebabkan kebocoran sampai ke kamar di bawah akan sangat menyebabkan masalah. Selain jadi tidak bisa dipakai mungkin kamu juga akan diminta ganti rugi. 

Jadi pastikan untuk selalu membersihkan saluran toilet dan kamar mandi secara berkala. Kemudian, jangan membuang sampah selain tisu toilet ke dalam toilet yang bisa menyebabkan penyumbatan.

Sekian tips dari kami, peraturan akan berbeda sesuai dengan tempat tinggal dan kebijakan masing-masing apartemen. Peraturan tersebut bisa lebih keras atau lebih longgar.



Source: https://ohayojepang.kompas.com

Post Comment

NEWSLETTER

Mari berlangganan dengan newsletter dari kami untuk mengetahui promo-promo terbaru dan lowongan pekerjaan. Terima kasih.

 


CONTACT

Interested in studying about Japan culture and language? Contact us and tell us about it!

Map